Tips Memilih Sunblock Wajah

Tips Memilih Sunblock Wajah

Mungkin kata sunblock wajah kurang familiar di telinga Anda. Bagaimana dengan tabir surya? Ya, tabir surya sama saja dengan sunblock. Lalu apa sih sebenarnya sunblock itu? Sunblock adalah salah satu produk perawatan wajah yang digunakan untuk melindungi wajah dari pengaruh buruk paparan sinar matahari. Jadi, saat kulit wajah diolesi sunblock secara merata, maka wajah akan terlindungi dari dampak penuaan dini akibat sinar UVA dan dampak kulit terbakar akibat sinar UVB. Jika dilihat dari bentuk sediaan, sunblock sendiri terbagi menjadi beberapa bentuk produk di antaranya,

  • Sunblock lotion

Sunblock wajah jenis ini yang paling banyak ditemukan di pasaran dan bisa jadi merupakan bentuk sediaan sunblock yang diproduksi pertama kali. Untuk Anda dengan jenis kulit normal hingga cenderung berminyak, bentuk sunblock lotion ini sangat cocok digunakan karena memiliki kandungan air lebih tinggi dibandingkan bentuk sediaan lainnya. Seperti yang kita tahu, minyak berlebih pada wajah berdampak buruk karena bisa menutupi pori-pori kulit yang kemudian menyebabkan banyak masalah seperti jerawat dan lainnya.

  • Sunblock gel

Saat ini bentuk sediaan sunblock wajah tersedia dalam berbagai bentuk dan salah satunya adalah gel. Sunblock gel ini sangat tepat digunakan untuk Anda yang memiliki kulit berjerawat karena kandungan minyaknya lebih ringan dan pengaplikasiannya lebih mudah tentu saja. Alcohol yang terkandung dalam produk sunblock gel ini juga berguna untuk membantu proses penyembuhan jerawat.

  • Sunblock cream

Untuk Anda yang memiliki jenis kulit normal hingga cenederung kering, bentuk sediaan sunblock wajah cream ini sangat cocok digunakan. Sunblock jenis ini memiliki kandungan lanolin juga minyak alami yang baik untuk membantu melembapkan kulit kering.

  • Sunblock spray

Bentuk sediaan sunblock terakhir ini bisa jadi adalah bentuk terbaru dan sedang hits digunakan saat ini, sunblock wajah spray. Produk kecantikan dan perawatan kulit wajah Korea sudah meluncurkan produk-produk sejenis ini yang disambut baik di pasaran. Sunblock berbentuk spray ini sangat ringan dan memiliki kandungan air cukup tinggi sehingga cocok digunakan oleh Anda dengan jenis kulit berminyak. Penggunaan sunblock ini juga cukup praktis karena Anda tinggal menyemprotkan pada wajah lalu tap tap tap, tinggal meratakan dengan ujung jari. Karena cara pemakaiannya yang praktis dan sederhana, sublock wajah jenis ini sangat diminati.

Itulah tadi berbagai bentuk sediaan sunblock yang beredar di pasaran saat ini. Sekarang, kita akan bahas apa saja sih tips memilih sunblock yang tepat untuk wajah Anda.

  1. Kenali dulu jenis kulit Anda

Sebelum memilih sunblock, terlebih dahulu Anda wajib mengetahui jenis kulit wajah Anda. Apakah berminyak, kulit normal, atau kulit kering? Jenis kulit ini akan sangat menentukan bentuk sediaan sunblock wajah apa yang tepat untuk Anda, persis seperti bahasan kita di atas tadi, ya.

  1. Cek komposisi sunblock wajah yang ingin dibeli

Mungkin saat ini, Anda sudah memiliki referensi sunblock wajah yang ingin dibeli. Sebelum memutuskan, sebaiknya cek terlebih dahulu komposisi sunblock incaran Anda. Hal ini juga masih berhubungan dengan pemilihan bentuk sediaan dan jenis kulit Anda. Jika kulit Anda berminyak, cari sunblock dengan komposisi air yang tinggi. Sebaliknya jika kulit Anda cenderung kering, sunblock berbahan dasar minyak adalah pilihan tepat. Selain itu, hal penting lainnya adalah hindari sunblock dengan kandungan oxybenzone. Zat kimia satu ini sangat tidak direkomendasikan karena akan memicu timbul kanker kulit saat dia terpapar oleh sinar matahari langsung. Sebaiknya pilih sunblock wajah dengan kandungan Titanium Oxide atau Zink Oxide yang merupakan antioksidan aman dan bermanfaat untuk kulit wajah.

Sunblock Wajah terbaik

  1. Sesuaikan kandungan SPF dalam sunblock wajah dengan kebutuhanmu

Seperti yang kita tahu, kandungan SPF dalam sunblock sangat penting karena semakin tinggi kandungannya maka semakin lama pula perlindungan yang bisa diberikan sunblock pada wajah kita. Nah, seberapa lama Anda perlu terlindungi oleh sunblock akan sangat menentukan SPF berapa sih yang sesuai untuk aktivitas Anda.

Jika Anda ingin membeli sunblock untuk aktifitas sehari-hari, cukup pilih sunblock wajah dengan SPF 15. Tetapi jika Anda hendak bepergian ke luar rumah dengan paparan sinar matahari lebih banyak, SPF 15-40 bisa jadi pilihan. SPF  30-50 bisa jadi pilihan jika Anda hendak bepergian ke tempat terbuka dengan paparan sinar matahari tinggi misalnya pantai.

  1. Sensitifkah kulitmu?

Jika Anda memiliki kulit yang sensitif dan sangat mudah terititasi, ada baiknya memilih sunblock wajah dengan kandungan bahan anorganik, ya, sebab bahan ini lebih ramah dan terbebas dari bahan kimia yang memberikan reaksi keras. Jika sunblock organic menyerap sinar UV, sunblock jenis anorganik ini menghalau dan memantulkan kembali sinar UV.

  1. Sunblock waterproof

Ketika Anda hendak berenang di pantai, tetapi khawatir kulit akan terbakar, sunblock waterproof bisa jadi pilihan yang tepat nih untuk Anda. Dijamin, aktifitas olahraga air Anda di luar ruangan tak membahayakan kulit karena mereka telah terlindungi dengan baik. Meski begitu, sunblock wajah waterproof ini cenderung sulit dibersihkan dengan cara biasa dan sabun mandi biasa. Oleh karena itu, beberapa produk sunblock waterproof juga menyertakan produk pembersih pada kemasan mereka.

  1. Sesuaikan budget

Selain pertimbangan-pertimbangan di atas, Anda juga harus menyesuaikan budget yang dimiliki dengan sunblock wajah incaran nih. Semakin mahal produk, umumnya kualitas yang ditawarkan juga semakin baik. Namun, jika Anda memiliki dana pas-pasan, cobalah hunting produk sunblock di situs jual beli yang sedang mengadakan sale atau diskon gede-gedean. Beberapa marketplace juga memberikan fitur-fitur promo keren di akhir tahun seperti ini jadi jangan lewatkan kesempatan emasnya. Anda juga bisa mengunjungi Ilotte.com yang tak ketinggalan menawarkan produk-produk berkualitasnya dengan penawaran harga terbaik di pesta akhir tahun ini!

  1. Pilih toko terpercaya

Tips terakhir yang perlu dipertimbangkan adalah pemilihan toko untuk berbelanja. Apalagi jika Anda ingin belanja sunblock wajah secara daring saja daripada harus keluar rumah. Pastikan toko online yang Anda pilih bisa dipercaya dan sudah terlatih melayani banyak pelanggan yang bisa dilihat dari testimony mereka. Hindari membeli dari situs tidak resmi atau bahkan akun sosial media yang tidak begitu Anda kenal, ya. Pilih marketplace atau situs jual beli online yang memiliki sistem pembayaran aman seperti rekening bersama sehingga pembayaran ke pihak penjual hanya bisa dilakukan jika barang yang Anda terima lengkap, baik, utuh, sesuai dengan kesepakatan sebelum transaksi. Jangan mudah tergiur harga miring yang terlalu tak masuk akal, ya, karena itu bisa saja akal-akalan dan modus penipuan oknum yang tidak bertanggung jawab.

Itulah tadi beberapa tips yang wajib Anda ikuti dan pertimbangkan sebelum memilih sunblock wajah yang sesuai dengan kebutuhan. Jangan lupa selalu jaga kebersihan kulit wajah dengan membersihkannya dua kali sehari agar wajah senantiasa terlindungi dari gangguan dan masalah-masalah kulit lainnya. Silakan dipraktekkan tips dan triknya, semoga bermanfaat. Salam cantik sehat selalu.

Written by