Obat Nyeri Sendi Lutut dari Obat Apotek Hingga Obat Rumahan

Obat Nyeri Sendi Lutut dari Obat Apotek Hingga Obat Rumahan

Pernahkah Anda tiba-tiba merasakan sakit di bagian sendi lutut? Bagi sebagian orang, nyeri sendi di lutut kerap datang dan pergi dengan sendirinya, bahkan ada yang menetap hingga perlu mengkonsumsi obat nyeri sendi lutut yang diresepkan oleh dokter. Nyeri sendi sendiri bisa disebabkan oleh banyak faktor seperti cedera, kram otot, terkilir, mengangkat beban atau masalah kesehatan seperti artritis atau asam urat. Lain penyebabnya lain juga obat untuk mengatasi penyebab nyeri sendi. Namun untuk mengatasi gejalanya atau mengurangi rasa nyeri yang ditimbulkan, ada banyak pilihan obat yang bisa Anda gunakan dari obat yang didapatkan dari apotek ataupun obat rumahan.

Bagi Anda yang sering mengalami nyeri sendi, berikut ini adalah beberapa pilihan obat yang bisa Anda pakai untuk mengurangi rasa sakit.

Obat-obatan dari apotek:

  • Parasetamol.

Parasetamol merupakan obat untuk mengurangi rasa sakit termasuk nyeri sendi. Parasetamol bisa menjadi pilihan Anda jika nyeri sendi tak tertahankan tanpa disertai dengan pembengkakan.

  • Ibuprofen.

Ibuprofen merupakan golongan obat anti nyeri dari anti inflamasi non steroid. Sama seperti parasetamol, obat ini juga efektif menghilangkan rasa nyeri sendi yang tidak disertai dengan pembengkakan karena tidak memiliki efek menghilangkan peradangan.

  • Natrium diklofenak.

NA diklofenak merupakan obat pereda nyeri yang bisa dibeli dalam bentuk sediaan oral (untuk diminum) atau sediaan topikal (untuk dioleskan). Untuk hasil yang maksimal Anda bisa membeli salep Natrium Diklofenak dan langsung mengoleskannya pada bagian lutut yang sakit. Na Diklofenak memiliki efek menghentikan produksi zat penyebab peradangan dan rasa sakit sehingga obat atau salep ini efektif mengatasi nyeri sendi yang disertai pembengkakan. Jika Anda membeli NA diklofenak dalam sediaan berbentuk gel, Anda tidak akan merasakan panas seperti pada salep umumnya namun sensasi dingin yang menyegarkan.

Selain obat yang bisa Anda beli di apotek, ada obat lain yang bisa Anda gunakan dan dapat ditemukan dengan mudah di rumah. Berikut ini adalah obat rumahan untuk mengatasi nyeri sendi pada lutut:

  • Kompres air hangat atau es.

Obat yang paling mudah dan murah saat lutut Anda mengalami nyeri adalah dengan mengkompresnya memakai air hangat atau air dingin dan es batu. Kompres hangat akan meregangkan otot sedangkan kompres dingin dapat mengurangi pembengkakan. Semuanya bisa Anda pilih sesuai dengan apa yang ada di rumah.

  • Pijat ringan.

Sakit di lutut yang tidak disertai dengan pembengkakan, bisa Anda beri treatment pijat ringan. Treatment ini juga dibutuhkan untuk nyeri yang diakibatkan karena keseleo atau otot tegang dan kram.

  • Balsam atau minyak esensial.

Selain kompres air hangat, Anda juga bisa mengoleskan balsam atau minyak esensial yang berguna untuk membantu relaksasi otot dan mengurangi nyeri.

  • Istirahat.

Istirahatkan lutut Anda yang sakit agar tidak menambah bebannya dan dapat merelaksasi otot. Setelah hilang nyeri dan bengkaknya Anda dapat melakukan aktivitas biasa bahkan melakukan latihan beban untuk melatih otot agar lebih kuat.

Itulah beberapa obat nyeri sendi lutut yang bisa Anda dapatkan di apotek maupun mencari di rumah saja. Jika nyeri berlanjut dan disertai pembengkakan atau demam, jangan ragu untuk segera berkonsultasi ke dokter agar diketahui penyebabnya dengan pasti dan diberikan pengobatan atau perawatan yang dibutuhkan. Lakukan latihan atau olahraga untuk membuat otot kaki Anda lebih kuat dan tidak mudah kram atau keseleo.

Written by