Menu Makanan Pilihan Lebih Sehat untuk Buka Sahur Kunci Sukses Puasa Si Kecil

Menu Makanan Pilihan Lebih Sehat untuk Buka Sahur Kunci Sukses Puasa Si Kecil

Bulan puasa adalah bulan yang kedatangannya selalu ditunggu tunggu oleh umat islam seluruh dunia. Bulan yang datangnya setahun sekali ini mewajibkan pemeluknya untuk menjalankan puasa yaitu menahan lapar dan haus selama sehari penuh. Yang menjalankan puasa tentu tak hanya orang dewasa tetapi anak anak juga sudah mulai belajar untuk mengenal puasa. Agar anak kuat berpuasa, orang tua sebaiknya menyiapkan menu makanan yang sehat untuk si kecil. Pilihan lebih sehat mengenai makanan tak harus memilih makanan yang mahal. Melainkan makanan yang mencukupi kebutuhan tubuh si kecil.

Tidak mudah memang membuat si kecil mau makan makanan yang sesuai dengan keinginan orang tuanya. Apalagi, ada beberapa anak yang tak begitu doyan buah dan sayur padahal dalam menjalankan puasa, zat yang ada pada buah dan sayur begitu dibutuhkan. Lalu, bagaimana orang tua bisa menyiasati agar si kecil tak susah untuk berbuka atau sahur dengan menu menu yang sehat? Salah satu caranya adalah dengan membuatkan menu makanan yang menarik agar si kecil tertarik untuk menyantapnya. Dan inilah beberapa makanan yang bisa disajikan untuk si kecil yang sedang belajar berpuasa. Ingat, tak perlu mahal yang penting mencakup zat zat yang yang dibutuhkan tubuhnya, seperti karbohidrat, lemak, protein, vitamin dan mineral.

Santapan Pilihan Lebih Sehat untuk Si Kecil Waktu Berbuka

Kebanyakan orang tua akan bertanya dulu pada si kecil mengenai menu yang akan digunakan untuk berbuka puasa. Dan sebagian besar anak pastinya akan memilih beraneka jajanan yang dijual saat puasa. Bahkan, ada beberapa pula dari mereka yang malas untuk makan dan memilih menghabiskan jajanan yang diinginkannya. Bunda, apabila bunda ingin anak tidak lemas dan tetap semangat menjalankan puasa, cobalah siapkan menu berbuka yang memiliki cita rasa manis karena makanan manis memiliki kadar glikemik yang tinggi yang bagus untuk tubuh si kecil. Misal, buah buahan dan roti.

Pilihan menu makanan atau minuman yang bisa bunda buat untuk meningkatkan kadar gula si kecil, misalnya es buah. Minuman yang sederhana ini biasanya akan disukai oleh si kecil. Cobalah memilihkan buah buahan yang disukai si kecil. Tak ada salahnya bunda membentuk buah buahan menjadi bentuk yang unik agar si kecil semangat untuk memakannya. Untuk mengeyangkan perut, bunda bisa membuat martabak buah. Tepung pada martabak bisa digunakan untuk sumber energi sedang buah buahan bisa meningkatkan kadar gula pada tubuh si kecil.

Santapan Pilihan Lebih Sehat untuk Si Kecil Saat Sahur

Ada kesenangan tersendiri bagi orang tua ketika si kecil semangat menjalankan ibadah puasa. Di sisi lain, orang tua juga memiliki PR besar untuk memikirkan asupan gizi si kecil yang sedang menjalankan puasa. Mungkin tidak menjadi masalah yang besar saat harus menyiapkan makanan untuk berbuka. Tetapi, ketika sahur tiba, bunda sering dibuat bingung kira kira menu makanan apa yang pas untuk si kecil agar ia tak malas menyantap makanan dan lebih memilih tidur. Bunda yang sedang berpikir keras tentang menu makanan sahur si kecil, alangkah baiknya bunda memilihkan menu yang rendah glikemik sehingga kadar gula pada tubuh si kecil tak cepat habis.

Makanan yang tidak akan membuat si kecil lemas, misalnya beras merah, kacang hijau. Sedang untuk buahnya, misalnya pisang atau apel. Untuk menu makanan yang pas untuk sahur, bunda bisa membuatkan menu yang menarik, misal bola nasi jamur atau ayam gulung. Bukan hanya berpikir soal pilihan  lebih sehat untuk menu makanan jika dilihat dari kandungan gizi yang harus seimbang, tetapi tampilan makanan untuk menu sahur juga bisa membuat si kecil semangat menjalankan santap saur bersama keluarga tercinta. Semoga bermanfaat!

Written by