Inilah Manfaat dari Menghitung Masa Subur Bagi Wanita

Inilah Manfaat dari Menghitung Masa Subur Bagi Wanita

Menstruasi merupakan kondisi yang normal terjadi pada kaum wanita. Menstruasi biasanya dimulai ketika wanita memasuki usia pubertas. Menstruasi terjadi karena adanya peluruhan dinding rahim. Normalnya, menstruasi yang terjadi secara teratur pada wanita terjadi setiap bulan. Lamanya menstruasi bisa antara 3-5 hari, namun pada beberapa wanita ada juga yang lebih singkat dari itu atau bahkan lebih. Menandai kalender ketika mendapatkan menstruasi di hari pertama biasanya sering dilakukan oleh para wanita untuk mengetahui siklus menstruasi dari bulan-bulan sebelumnya termasuk lancar atau tidak. Selain itu, juga diperuntukkan untuk menghitung masa subur.

Masa subur atau masa ovulasi terjadi sekitar 12 hingga 16 hari setelah mendapatkan menstruasi hari pertama. Misalnya jika Anda mendapatkan menstruasi hari pertama di tanggal 1 Maret, maka kemungkinan masa subur akan terjadi antara tanggal 13 Maret hingga 17 Maret. Bagi para wanita, terutama untuk yang sudah menikah, menghitung masa ovulasi atau masa subur ini menjadi salah satu hal yang kerap dilakukan. Karena memang dengan melakukan hal ini akan memberikan banyak manfaat, antara lain:

  • Meningkatkan peluang hamil.

Bagi yang sudah menikah, memiliki momongan tentunya menjadi salah satu yang paling ditunggu-tunggu. Sehingga bagi Anda yang sedang merencanakan kehamilan, menghitung dan mengetahui kapan masa subur wanita menjadi salah satu hal yang cukup penting. Karena peluang untuk mendapatkan kehamilan akan jauh lebih besar jika pembuahan terjadi ketika masa subur wanita sedang berjalan. Dimana sperma pasangan yang berada di dalam tuba falopi selama masa ovulasi atau subur akan memperbesar peluang mendapatkan kehamilan.

  • Sebagai alat KB alami.

Bagi pasangan yang sudah memiliki anak yang banyak, melakukan KB menjadi salah satu cara yang dilakukan untuk menghentikan terjadinya kehamilan. Namun pada beberapa wanita ada yang enggan melakukan KB secara medis, lantaran takut dengan efek sampingnya. Untuk menangani permasalahan ini, melakukan KB secara alami patut untuk dicoba. Dimana bagi wanita perlu mengetahui masa suburnya terlebih dahulu. Dimana dengan mengetahui masa subur ini, pasangan suami istri bisa saling bekerjasama untuk mengurangi frekuensi melakukan hubungan intim ketika masa subur sedang berlangsung. Meskipun memang akan selalu ada peluang terjadinya kehamilan untuk setiap aktivitas seksual yang dilakukan.

  • Mendeteksi jika ada masalah reproduksi.

Dengan menandai kapan masa subur wanita terjadi juga sangat bermanfaat dalam mendeteksi masalah yang berhubungan dengan sistem reproduksi wanita, seperti kemandulan. Hal ini terutama jika Anda dan pasangan sudah mengetahui masa subur dan telah melakukan hubungan intim di masa-masa subur tersebut, namun tidak kunjung juga mengalami kehamilan. Sehingga jika memang kondisi demikian yang terjadi, Anda dan pasangan bisa segera memeriksakan diri ke dokter kandungan untuk mengetahui secara pasti kondisi sistem reproduksi saat ini.

Nah, itu tadi beberapa manfaat mengetahui atau menghitung masa subur yang perlu diketahui, baik bagi wanita yang masih single maupun yang sudah menikah. Dimana khususnya bagi yang sudah menikah, mengetahui masa subur akan sangat membantu dalam mempersiapkan kehamilan maupun merencanakan waktu yang tepat untuk memiliki momongan. Selain itu, juga bisa sebagai pendeteksi jika mengalami masalah terkait sistem reproduksi dengan lebih dini. Sehingga bisa segera memeriksakan diri ke dokter ketika ada kemungkinan terjadi sesuatu yang tidak beres pada sistem reproduksinya.

Written by