Beberapa Pertanyaan Umum Mengenai Buta Warna

Beberapa Pertanyaan Umum Mengenai Buta Warna

Buta warna merupakan keadaan ketika seseorang mengalami kesulitan untuk mengidentifikasi warna. Kesulitan tersebut bisa berupa tidak dapat mengenali warna ataupun tidak bisa membedakan warna. Kebanyakan kasus buta warna terjadi karena faktor genetik, namun ada juga beberapa hal yang juga berpengaruh terhadap munculnya gangguan ini. Untuk lebih jelas, berikut adalah beberapa pertanyaan berkaitan dengan buta warna.

Faktor Apa Saja yang Dapat Menyebabkan Buta Warna

Seperti telah disebutkan di awal, kebanyakan faktor yang menyebabkan terjadinya buta warna adalah masalah genetik. Artinya, jika orang tua menderita buta warna, maka kemungkinan besar anaknya juga akan mengalami gangguan serupa. Namun, kemungkinan untuk terhindar dari buta warna pun masih ada.

Selain faktor genetik, faktor usia juga dapat menyebabkan seseorang mengalami buta warna. Ketika seseorang semakin menua, fungsi dari organ-organ di tubuh akan menurun, salah satunya adalah organ penglihatan. Menurunnya fungsi tersebut membuat orang tersebut akan kesulitan untuk mengidentifikasi warna. Hal ini merupakan hal yang wajar terjadi karena termasuk proses alami manusia.

Apa Saja Jenis-Jenis Buta Warna?

Secara sederhana, buta warna terbagi menjadi dua, yakni buta warna parsial dan buta warna total. Buta warna parsial merupakan keadaan ketika seseorang mengalami penurunan kemampuan untuk mengidentifikasi sensitivitas warna tertentu, sedangkan buta warna total adalah ketika seseorang hanya mampu mengenali satu warna saja.

Jika dilihat lebih detail, buta warna parsial masih ada beberapa jenis. Jenis-jenis buta warna parsial tersebut antara lain buta warna merah-hijau dan buta warna biru kuning.

Bagaimana Mengatasi Buta Warna?

Sampai saat ini, masih belum ditemukan obat atau pengobatan untuk membuat seseorang sembuh dari buta warna. Akan tetapi, sudah ada beberapa teknologi yang dapat membantu penderita buta warna untuk dapat mengidentifikasi warna sehingga dapat melihat warna seperti penglihatan normal.

Bagaimana Cara Mendiagnosis Buta Warna?

Mungkin ada beberapa orang yang tidak menyadari bahwa sebenarnya mereka menderita buta warna. Hal ini disebabkan karena mereka sudah terbiasa dengan pandangan-pandangan mengenai warna. Untuk mengecek apakah seseorang mengalami buta warna atau tidak, bisa dilakukan tes buta warna dengan cara mengidentifikasi objek dengan latar belakang warna serupa.

Di beberapa tempat layanan kesehatan sudah menyediakan alat untuk melakukan tes buta warna. Orang tersebut akan diberikan beberapa gambar dan diminta untuk menyebutkan objek, angka, atau huruf apa yang terdapat pada gambar tersebut. Ketika orang tersebut tidak dapat menemukan objek tersebut, maka orang tersebut menderita buta warna.

Itulah beberapa pertanyaan yang sering ditanyakan mengenai buta warna. Meskipun tidak sebesar bahaya penyakit-penyakit penglihatan yang lain, sebaiknya penderita buta warna tetap mendapat pendampingan dan dukungan agar tetap semangat menjalani hidup.

Written by