5 Tips Super Hemat Bangun Rumah

5 Tips Super Hemat Bangun Rumah

Jika membicarakan perumahan, tentunya saat ini semakin berkembang. Anda bebas untuk menemukan desain perumahan apapun yang anda inginkan. Namun hal ini tetap membuat banyak orang, berkeinginan untuk bangun rumah yang diinginkannya sendiri. Tentunya dikarenakan beberapa dari mereka, menginginkan desain rumah yang disesuaikan dengan kebutuhan dan keinginan.

Namun bangun rumah sendiri dinilai cukup memakan anggaran yang tidak sedikit. Banyak kebutuhan pokok yang harus dikeluarkan, dan bahkan harga untuk kebutuhan pembangunan perumahan yang cenderung semakin naik. Lalu bagaimana cara hemat untuk dapat membangun perumahan idaman sendiri?

Tips Hemat Bangun rumah

  1. Membuat perencanaan

Langkah awal untuk membangun rumah, anda perlu membuat perencanaan baik dari dana, ukuran bangunan hingga seberapa lama target waktu pembangunan yang akan dijalankan. Nantinya rencana ini akan memiliki fungsi, yang dijadikan sebagai pengendali untuk dapat meminimalisir kemungkinan adanya penyimpangan selama pembangunan.

  1. Menggunakan desain tipe minimalis

Bukan hanya memiliki desain yang baik saja, namun desain yang satu ini selalu menjadi trend dan dinilai sangat efisien. Dengan penggunaan bahan yang memang tidak terlalu banyak, namun dengan menggunakan desain minimalis akan tetap memberikan bangun rumah yang modern dan juga mewah.

  1. Menentukan bentuk bangunan

Bentuk bangunan, merupakan salah satu hal yang sangat penting namun juga memiliki pengaruh terhadap tingkat kesulitan dari pembangunan. Hal ini juga menyangkut dengan bagaimana kebutuhan bahan bangunan rumah yang akan digunakan apakah persegi atau bahkan persegi panjang.

Memang pada umumnya, untuk membuat sudut atau lengkungan, akan cenderung menyisakan beberapa banyak material yang nantinya tidak akan terpakai. Agar tidak memakan bahan yang terbuang dan dana yang besar, maka sebaiknya selalu perhatikan apa saja bagian yang menjadi tingkat kesulitan tersendiri untuk hunian yang anda miliki.

 

  1. Melakukan riset harga bahan bangunan

Dengan harga bahan bangunan yang semakin hari semakin tinggi, dalam hal ini riset untuk harga bahan bangunan menjadi satu hal yang cukup penting. Bahkan banyak orang yang terpaksa menunda pembangunan rumah, dikarenakan harga bahan bangunan yang mahal. Untuk meminimalisir hal tersebut, anda harus melakukan riset mengenai semua barang dan perlengkapan pembangunan perumahan yang anda butuhkan.

  1. Seleksi memilih juru bangunan

Dengan memutuskan untuk membuat atau bangun rumah sendiri, bukan berarti bahwa anda yang harus turun tangan dalam membangun rumah tersebut. Dalam hal ini anda juga membutuhkan jurubangunan, dimana akan dijadikan sebagai pelaksana dari pembangunan.

Pastikan bahwa anda selektif dalam memilih jasa juru bangunan, karena anggaran yang harus anda persiapkan cukup besar nantinya. Pastikan juga bahwa juru bangunan tersebut, merupakan ahli yang sudah baik di bidangnya dan tidak diragukan lagi kinerjanya.

Tidak sulit bukan untuk berhemat untuk bangun rumah? Anda hanya harus memastikan semua persiapan hingga desain dan bentuk rumah yang diinginkan sudah matang. Pastikan sebelumnya anda melakukan riset mengenai hal apapun, yang berkaitan dengan berbagai perumahan atau bangun rumah yang diinginkan.

Written by