5 Olahan Daun Salam untuk Meredam Kolesterol Secara Alami  

5 Olahan Daun Salam untuk Meredam Kolesterol Secara Alami

Pada masa lalu, nenek moyang sudah menggunakan berbagai macam tanaman tertentu untuk bumbu penyedap dan juga obat. Beberapa ramuan yang berasal dari tanaman tertentu bisa menjadi salah satu cara mengobati kolesterol secara alami. Salah satu tanaman tersebut adalah daun salam.

Olahan Masakan Daun Salam

Ternyata, manfaat daun salam untuk kesehatan tubuh ada banyak dan tidak hanya sebagai penyedap saja. Ada berbagai olahan daun salam yang bisa Anda coba di rumah yang dapat bermanfaat bagi tubuh, yaitu antara lain:

1.     Dimasak untuk Sup

Daun salam bisa menjadi bahan penyedap untuk sup. Tambahkan satu atau dua lembar daun salam ketika Anda memasak sup maupun sayuran bening tanpa santan, misalnya sayur bayam. Daun salam akan menyedapkan rasa sup atau masakan sayuran Anda serta aroma lebih wangi.

2.     Untuk Tumisan

Tumisan juga bisa ditambah daun salam setelah semua bahan. Daun salam akan menambah rasa yang khas sehingga tumisan Anda akan jadi lebih kaya rasa. Masakan dengan daun salam menjadi lebih wangi dan juga menetralkan aroma jika ada bahan masakan beraroma kuat.

3.     Sebagai Rebusan Jamu

Daun salam bisa menjadi bahan utama pembuatan jamu atau tambahan pada jamu. Untuk membuat air rebusan daun salam, gunakan setidaknya enam lembar daun salam untuk satu liter air. Anda bisa menambahkan gula aren atau madu agar air rebusan terasa manis. Tambahkan pula setengah batang kecil kayu manis agar ada aroma wangi.

Air rebusan daun salam merupakan salah satu cara mengobati kolesterol secara alami. Hal ini karena kandungan dalam air rebusan daun salam bisa melarutkan kolesterol jahat dan mengeluarkannya dari tubuh.

Daun salam mengandung antioksidan dan vitamin C yang tinggi. Jika Anda menambahkan kayu manis pada air rebusan daun salam, maka dua bahan ini bisa membantu menurunkan kadar lemak di tubuh. Perut buncit bisa diatasi juga dengan rajin meminum rebusan daun salam. Di sisi lain, air ini memiliki fungsi untuk melancarkan pencernaan.

4.     Tambahan Minuman Hangat

Selain menjadi air rebusan jamu, daun salam juga bisa menjadi tambahan minuman hangat seperti jahe, teh, atau air sereh. Tambahkan daun salam saat merebus bahan-bahan tersebut. Jika Anda ingin manis, pilhlah madu atau gula aren sebagai pemanis.

5.     Penyedap pada Bubur dan nasi tim

Anda bisa menambahkan daun salam untuk bubur atau nasi tim. Bubur daun salam bisa meredakan sakit perut dan juga dimakan saat tidak selera makan. Daun salam membuat wangi nasi dan bubur. Anda bisa menambahkan bahan lain, misalnya suwiran ayam untuk menambah selera makan.

Daun salam merupakan salah satu cara mengobati kolesterol secara alami. Tentunya, Anda juga sebaiknya mengimbangi dengan makan makanan dengan nutrisi lain untuk memgimbangi penurunan kolesterol.

Written by