Mengenal Moka Pot, Alat Seduh Mesin Kopi Manual

Mengenal Moka Pot, Alat Seduh Mesin Kopi Manual

Moka pot merupakan alat mesin kopi manual di mana penggunaanya sangat mudah yaitu dengan memasukkan bubuk kopi yang diletakkan di antara tabung bawah dan tabung atas kemudian dialirkan air mendidih dari bagian bawah ke atas sehingga menghasilkan kopi yang kental dengan aroma yang strong karena air yang lebih sedikit.

Keunggulan Moka Pot

Moka pot memiliki tampilan yang unik dengan gaya vintage yang menawan sehingga akan membuat dapur rumah menjadi lebih indah apalagi bagi yang suka minum kopi setiap hari. Moka pot juga memiliki keunggulan dibandingkan dengan alat kopi manual lainnya

  1. Moka pot termasuk alat seduh kopi yang memiliki harga ekonomis dan terjangkau. Untuk menghasilkan segelas kopi nikmat ala coffee shop anda tidak perlu merogoh kocek terlalu dalam. Dengan moka pot anda bisa menikmati secangkir kopi nikmat setiap hari dengan harga yang terjangkau.
  2. Moka pot sangat mudah digunakan sehingga semua orang bisa membuat kopi dengan alat ini. Anda hanya perlu menyediakan bahan dengan takaran yang tepat dan moka pot akan menghasilkan kopi dengan rasa terbaik.
  3. Moka pot mudah dibersihkan. Untuk melepaskan semua bagian moka pot juga sangat mudah. Anda hanya perlu menyiram setiap bagian moka pot yang telah dilepas dengan air mengalir kemudian tunggu hingga kering barulah dipasang kembali. Sangat mudah.

Sistem Kerja Moka Pot

Dibalik keunggulan pasti juga akan kekurangannya. Salah satu hal yang sering dikeluhkan oleh pengguna moka pot yaitu rasa yang terlalu pahit dan seperti terbakar. Namun sebenarnya hal ini bisa dihindari apabila sudah memahami sistem kerja moka pot. Apabila sudah memahami cara kerjanya dan tips-nya tentu anda akan bisa menghasilkan kopi dengan rasa yang nikmat.

  1. Moka pot termasuk alat manual yang menggunakan metode ekstraksi kopi berbasis tekanan. Tekanannya cukup sederhana yaitu air mendidih yang terdapat di dalam aluminium autoclave akan memberikan tekanan hingga melewati pipa corong yang menjadi tempat diletakkannya bubuk kopi. Setelah itu akan menembus saringan di atasnya hingga keluar di bejana bagian atas.
  2. Untuk waktu pengekstraksian kopi menggunakan moka pot terletak pada resistansi hidrolik yang terletak pada sekitar tempat bubuk kopi. Hal ini bergantung pada :
  • Jumlah bubuk kopi.
  • Tingkat kerataan kasar-halus bubuk kopi
  • Penekanan bubuk kopi (tamping), apakah ditekan dengan cara menyekrup bejana bagian atas ke bejana bawah atau dibiarkan saja.
  • Tekanan air dan temperatur. Misalnya titik didih 100 derajat, maka tekanan yang dihasilkan moka pot sekitar 0.5 atm.

Apabila memiliki budget lebih dan memilih menggunakan mesin otomatis dibandingkan mesin kopi manual, anda bisa memilih rangkaian mesin dan kapsul Nescafe Dolce Gusto. Penggunaan mesin Nescafe Dolce Gusto akan menghasilkan rasa kopi yang khas dan berkualitas apalagi jika dipadukan dengan kapsul kopinya.

 

 

Written by