Intip 4 Cara Mudah Memilih Makanan Kucing yang Tepat

Intip 4 Cara Mudah Memilih Makanan Kucing yang Tepat

Saat Anda memutuskan untuk memelihara kucing, maka sudah seharusnya Anda memilih dan memberikan jenis makanan kucing terbaik untuknya. Pemilihan pakan kucing yang tepat akan memberikan gizi dan nutrisi yang cukup untuk kucing kesayangan Anda.

Namun, faktanya masih terdapat beberapa orang yang kerap merasa bingung ketika sesampainya di pet shop disediakan puluhan merek serta varian pakan untuk si kucing. Lantas, bagaimana cara memilih jenis makanan dengan tepat?

Memilih Pakan Kucing

Pada dasarnya, sangatlah mudah dalam menentukan atau memilih jenis makanan untuk kucing. Lebih lengkapnya simak ulasan berikut ini.

1. Mengetahui Merek

Setiap produk makanan kucing sudah pasti menyematkan merek yang berbeda-beda. Tidak ada salahnya untuk menilik ulasan produk melalui jejaring internet. Semakin banyak pengguna yang menggunakan merek tersebut, maka kualitas tentu tidak diragukan lagi.

Namun, tidak ada salahnya untuk berkonsultasi terlebih dahulu kepada penyedia pet shop dalam menilik merek makanan kucing favorit atau rekomendasi terbaik.

2. Tentukan Jenis Makanan Kucing

Secara umum makanan kucing terdapat empat jenis, yakni dry food, wet food, makanan mentah, dan makanan berprotein rendah.

Dry food merupakan jenis makanan tergolong ekonomis, praktis, dan dapat bertahan lama hingga satu bulan lebih, namun kandungan gizi di dalamnya masih minim. Berbeda dengan wet food, jumlah kalori dan nutrisi yang seimbang dapat memperlancar kerja ginjal dan saluran kemih sebab mengandung komposisi air mineral.

Lalu, makanan mentah merupakan daging segar yang langsung dimakan oleh si kucing. Beberapa pemilik kucing memberikan daging mentah untuk menambah daya mangsa si kucing. Kandungan gizi dan protein di dalamnya lebih komplit jika dibandingkan dengan jenis wet food.

Sedangkan makanan protein rendah merupakan opsi pilihan jika si kucing menderita penyakit secara medis seperti penyakit ginjal. Makanan protein rendah dipilih sebab untuk mengurangi beban ginjal dalam bekerja.

Tak jarang banyak pemilik kucing ras yang beralih memilih wet food sebagai opsi favorit karena jenis makanan kucing ini memiliki nutrisi yang seimbang dan praktis. Jangan lupa simpan kembali wet food ke dalam mesin pendingin agar menghambat pertumbuhan bakteri parasit.

3. Varian atau Rasa

Nah, sudahkah Anda menentukan varian atau rasa bagi kucing kesayangan Anda? Umumnya, makanan kucing terdiri dari varian atau rasa tuna, salmon, seafood, dan lainnya.

Sebaiknya Anda pilih beberapa sample rasa lalu berikan pada kucing. Sebab, dalam hal menentukan varian atau rasa bergantung pada selera kucing Anda.

4. Lihat Tanggal Kadaluarsa

Jika Anda membeli ke pet shop, sebaiknya perhatikan tanggal kadaluarsa yang tertera pada bagian bawah atau samping kemasan. Carilah produk makanan yang memiliki tanggal kadaluarsa minimal lebih dari lima bulan.

Demikianlah beberapa hal yang perlu Anda perhatikan agar tidak salah memilih pakan untuk kucing. Jenis makanan kucing cukup variatif, tinggal Anda sesuaikan dengan kebutuhan.

Written by