Informasi Pengetahuan Ternyata Berbeda, Apakah Perbedaan Antara Keduanya?

Informasi Pengetahuan Ternyata Berbeda, Apakah Perbedaan Antara Keduanya?

Apakah informasi pengetahuan adalah hal yang sama? Para ahli menyatakannya tidak demikian. Lantas, apakah perbedaan antara keduanya? Cari tahu bersama di sini.

Kemajuan teknologi membuat setiap orang dapat mengakses internet dengan mudah. Melalui internet, berbagai informasi pengetahuan yang diharapkan bisa ditemukan dengan mudah. Sayangnya, tidak semua data yang ditemukan didalamnya adalah pengetahuan dan bermanfaat untuk pendidikan. Karena data yang didapat termasuk dalam kategori informasi. Lantas, apakah yang dimaskud dengan pengetahuan dan apakah bedanya dengan informasi?

Informasi Pengetahuan Apa Bedanya?

Sebelum mendalami terlalu jauh, mari samakan presepsi dengan memahami perbedaan diantara keduanya. Informasi dapat diartikan sebagai kumpulan-kumpulan data yang didapat dari berbagai pihak. Data yang memiliki kemiripan topik, disatukan dan disajikan ke masyarakat melalui internet. Dari sini nampak bahwa informasi belum diolah dari sebuah topik.

Lantas, bagaimana dengan pengetahuan? Pengetahuan adalah informasi yang telah dibingkai dengan kerangka tertentu. Informasi yang memiliki topik seragam, kemudian diolah melalui penelitian atau observasi dan dirangkai dengan pattern tertentu. Karenanya pengetahuan tidak serta merta didapat, sebagaimana mendapatkan informasi melalui media internet.

Di mana Pengetahuan Bisa Didapat?

Banyak anggapan bahwa pengetahuan bisa didapat di berbagai tempat. Hal ini tidak salah, namun tidak sepenuhnya betul. Karena sedikit kesalahan membuat anda tidak menemukan pengetahuan yang diinginkan. Untuk itu, bagian ini akan menjelaskan di mana pengetahuan akan didapat:

1. Koran

Media paling update yang akan memberikan informasi sekaligus pengetahuan adalah koran. Sebagai media massa yang mulai ditinggalkan, koran memiliki tim peneliti yang akan menggali informasi secara komprehensif. Jadi, tidak sekedar memberikan informasi mentah, penulis akan memberikan pengetahuan terbaru untuk seluruh pembacanya.

2. Buku Pelajaran

Apa yang anda dapat melalui buku pelajaran, tidak lagi hanya informasi. Setiap data yang diberikan telah disesuaikan dengan kerangka setiap ilmu. Contoh, buku pelajaran ilmu politik akan memberikan data yang telah diolah terkait ilmu politik. Semua data telah diolah sesuai dengan kerangka ilmu politik, sehingga pembacanya memiliki pengetahuan terkait.

3. Jurnal

Satu lagi media yang tidak boleh dilupakan adalah jurnal. Anda dapat menjadikan jurnal sebagai ruang pengetahuan tak terbatas. Jurnal selalu membahas informasi terbaru terkait isu-isu yang booming di masyarakat. Setiap pembacanya dapat menemukan sumber bacaan menarik sekaligus menemukan celah-celah untuk melanjutkan penelitian terbaru.

4. Para Ahli

Tidak melulu melalui bahan bacaan, dalam seminar-seminar yang dilakukan ahli, anda dapat menemukan pengetahuan. Namun untuk memverifikasinya, perlu dilakukan penelitian lanjutan dengan dukungan bahan bacaan. Jadi, tidak sepenuhnya percaya apa yang dikatakan orang lain terkadang perlu dilakukan, agar memberikan kepuasan terhadap diri sendiri.

Setelah memahami perbedaan diantara keduanya, apakah anda masih berpandangan bahwa informasi pengetahuan adalah hal yang sama? Jika belum yakin, cobalah melakukan pencarian pada topik tertentu melalui internet. Dan tanyakan pada para ahli, apakah data tersebut termasuk dalam kategori pengetahuan.

Written by