6 Masalah Pada Rem Mobil Penyebab dan Cara Mengatasinya

6 Masalah Pada Rem Mobil Penyebab dan Cara Mengatasinya

Dalam proses panjang mengendarai mobil pasti anda akan menemukan banyak sekali masalah dari yang sederhana sampai dengan kompleks salah satunya adalah ketika mengalami masalah pada bagian rem mobil anda.

Rem sendiri memiliki fungsi sangat penting dalam sebuah kendaraan, menjadi faktor penentu keselamatan yang utama, maka dari itu jangan pernah sepelekan gejala gejala awal yang menandakan rem pada mobil anda sudah mulai tidak bekerja dengan baik.

Dalam artikel ini kita akan mencoba bahasa lengkap masalah masalah apa saja yang biasa terjadi pada rem mobil,  dan bagaimana cara mengatasinya.

1.      Rem mobil mengeluarkan bunyi

Jika rem mobil anda sudah mengeluarkan bunyi maka ini menandakan ada masalah disana, penyebabnya juga sangat banyak sekali antara lain:

  • Yang pertama anda bisa coba cek pada bagian brake atau sepatu rem apakah masih normal atau sudah aus atau tipis bahkan habis. Dari sisi waktu penggunaan sendiri brake pad ini rata rata sudah saatnya diganti ketika pedometer memasuki angka 30.000 – 50.000 km.
  • Kemudian selain habis penyebab lain bisa juga karena kotor terlalu banyak debu yang masuk dan terkena air yang menyebabkan sepatu rem pada mobil anda karatan sehingga kalau ditekan akan mengeluarkan bunyi. Jika anda tidak bisa memastikanya maka kami sarankan bawa ke bengkel saja sekalian cek oli mobil anda apakah waktunya anda ganti oli mesin.

2.      Rem blong

Kondisi yang terparah adalah rem blong yang bisa jadi akan menimpa mobil kesayangan anda. Sebuah keadaan yang sangat menakutkan memang, sebagaimanapun upaya anda menekan rem dengan kuat maka mobil tidak bisa berhenti.

Cara paling ampuh dalam mengatasi masalah ini adalah dengan cara memainkan gigi pada mobil anda sambil menepi pada posisi neteral dan parkir intinya jangan sampai panik tetap fokus lihat jalan sambil mainkan gigi ke posisi paling rendah.

Beberapa penyebab umum rem mobil blong ini biasanya terjadi maslah pada bagian sistem rem yang sudah tidak berfungsi dengan baik seperti Seal kaliper rem rusak, kemudian biasa juga minyak rem habis, seal master rem bocor dan yang lainya.

3.      Masalah pada rem juga ditandai dengan laju kendaraan tidak bisa lurus

Ketika anda mengendara kemudian merasakan gejala ini maka segera berhenti dan lakukan pengecekan manual. Atau jika anda ragu bisa mampir ke bengkel ganti oli disana biasanya akan memberikan layanan servis pada part lainya juga  termasuk pada bagian rem.

Penyebab utama pada masalah ini adalah adanya tekanan yang tidak sama antara rem bagian kanan dan kiri sehingga akan membuat laju mobil tidak seimbang.

Solusinya sudah jelas pergi ke bengkel dan lakukan setelan ulang, kecuali mobil anda keluaran terbaru dengan sisitem rem yang lebih baik maka masalah ini jarang anda temukan.

4.      Timbulnya getaran pada bagian pedal

Ketika anda menginjak rem dalam tekanan rendah atau full dan timbul getaran pada bagian pedal maka saran saya segera anda cek kondisi rem mobil anda.

Penyebab utama timbulnya getaran ini tidak lain adalah karena pada bagian piringan rem sudah tidak rata. Kondisi yang tidak rata ini akan berdampak pada sistem kerja piston rem juga tidak seimbang dan akhirnya menimbulkan getaran.

5.      Pedal rem keras dan saat di injak

Khusus pada beberapa mobil keluaran lama memang ini menjadi masalah sangat umum sekali. Anda akan mersakan perbedaan bagaimana injakan pedal rem yang normal dan tidak, jika kerasa sangat keras maka tentu ada masalah pada bagian pedal rem mobil anda.

Salah satu penyebabnya adalah pada bagian barke booster rem bisa jadi sudah tidak berfungsi dengan normal atau sudah bocor. Maka solusinya sudah jelas anda ganti brake boosternya maka masalah sudah selesai.

6.      Rem mobil macet dan terkunci

Ini juga menjadi masalah serius ketika anda mengalami kondisi tiba tiba rem mobil anda tidak bisa bekerja dengan baik.

Kondisi ini kerap terjadi dimana disebabkan oleh salah satu faktor yakni velg ban mengalami lonjakan suhu panas yang tinggi yang di akibatkan oleh kondisi mesin mobil yang panas.

Bisa jadi ini juga cikal bakal karena anda kurang memperhatikan kondisi mesin terutama kesehatan oli, padahal banyak bengkel yang menyediakan ganti oli murah jika anda memang benar benar tidak lalai.

Written by