5 Hal yang Perlu Diketahui Perihal Pihat Bayi

5 Hal yang Perlu Diketahui Perihal Pihat Bayi

Pijat bayi bisa dilakukan orangtua untuk menumbuhkan kedekatan dengan buah hati tercinta. Asal Anda tahu bagaimana teknik memijat yang benar sesuai prosedur medis, sah-sah saja. Manfaat pijat bayi bisa membuat bayi lebih rileks, meningkatkan kualitas tidur lebih nyenyak, memperlancar sirkulasi darah, membuat bayi lebih tenang dan tidak rewel, serta masih banyak manfaat lain. Namun, Anda yang tidak punya wawasan tentang teknik memijat bayi yang benar, sebaiknya hindari hal yang bisa membahayakan kesehatan si kecil.

Hal-hal yang harus diperhatikan saat pijat bayi

Pijat bayi bisa meningkatkan perkembangan otak dan emosional si kecil. Namun, Anda harus mengerti beberapa hal terkait bahaya pijat bayi yang dilakukan tanpa pengawasan yang benar. Apa saja? Berikut rangkumannya.

1.     Bagian tubuh bayi yang tidak boleh dipijat

Ada bagian tubuh bayi yang sangat rentan dipijat tanpa teknik yang benar. Anda harus tahu bahwa pemijatan pada bagian perut, harus mengikuti gerakan arah jam guna memperlancar saluran pencernaan hingga pembuangan bayi.

Sedangkan bagian tubuh lain yang tidak boleh dipijat adalah tulang belakang bayi dan bagian ubun-ubun yang belum menutup secara sempurna sampai dia berusia 2 tahun.

2.     Tubuh bayi masih ringkih

Tubuh bayi yang masih ringkih tidak bisa menahan tekanan yang kuat. Anda harus melakukan pemijatan secara pelan dan lembut agar tidak membuat anggota tubuh si kecil cedera. Jangan sembarangan memijat bagian tubuh bayi, ya! Jika Anda ingin memijat si kecil, tidak ada salahnya mengajak si kecil melakukan spa dan pijat bayi yang profesional.

3.     Bisa membuat bayi lebih rewel

Manfaat pijat bayi bisa memberikan dampak positif pada kualitas tidur bayi. Bayi bisa menjadi lebih rileks dan bebas stress. Jangan Anda berpikir bahwa bayi tidak mengalami stress, lho! Melakukan pijat bayi saat suasana hati si kecil tidak baik, maka bayi bisa menjadi lebih rewel alih-alih rileks.

4.     Risiko terkena infeksi bakteri

Hal ini berlaku untuk Anda yang membawa bayi pijat ke tempat yang tidak higienis. Selain itu, pemijatan bayi yang dilakukan oleh pengasuh atau orang lain yang tidak memperhatikan kebersihan sangat berbahaya. Risiko bayi terkena infeksi bakteri dari tangan yang kotor bisa saja terjadi, bukan?

5.     Risiko bayi mengalami kembung

Bahaya pijat bayi tanpa teknik yang dilakukan di bagian perut. Jika Anda melakukan pemijatan tanpa tahu teknik saat bayi mengalami kembung, maka risiko perut si kecil kembung terus menerus bisa terjadi. Kembung bisa hilang saat Anda melakukan teknik pemijatan dari arah kanan ke kiri.

Yuk, dapatkan manfaat pijat bayi selama Anda mengetahui dan meminimalisir bahaya pijat bayi! Jika Anda melakukan teknik pemijatan yang benar, ikatan antara orangtua dan anak bisa mendukung tumbuh kembang bayi lebih baik. Pastikan Anda tidak menggunakan minyak atau lotion yang bisa memicu reaksi alergi, ya!

Written by