4 Cara Menumbuhkan Rasa Percaya Diri Pada Anak Lewat Olahraga

4 Cara Menumbuhkan Rasa Percaya Diri Pada Anak Lewat Olahraga

Rasa percaya diri merupakan salah satu faktor penting untuk dapat membantu anak mendapatkan sukses di segala bidang. Rasa percaya diri tersebut dapat mendorong anak untuk melakukan sesuatu hal yang lebih lagi karena Ia merasa mampu untuk melakukannya. Salah satu cara menumbuhkan rasa percaya diri pada anak adalah pada saat Ia berolahraga.

Hal tersebut karena pada saat berolahraga terdapat beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk membuat rasa percaya diri tumbuh. Lalu, bagaimanakah caranya? Berikut adalah beberapa hal yang dapat dilakukan untuk menumbuhkan rasa percaya diri anak pada saat berolahraga.

Cara Menumbuhkan Kepercayaan Diri Anak Saat Olahraga

1. Jangan Bandingkan Kemampuan Anak Anda

Pada beberapa kasus, ada saja orang tua yang membandingkan kemampuan berolahraga anaknya dengan orang lain. Memang benar, maksudnya untuk memacu anak agar dapat berlatih lebih keras dan meningkatkan kemampuannya. Namun, hal seperti itu sebenarnya kurang tepat untuk dilakukan. Hal itu karena jika sang anak salah menerima, itu malah akan membuatnya merasa rendah diri dalam hal apapun.

Daripada membandingkan kemampuan anak, akan lebih baik jika Anda berikan pujian kepada anak pada saat memenangkan pertandingan ataupun saat kalah. Dengan begitu, si anak akan merasa lebih percaya diri dan akan berusaha untuk memberikan sesuatu yang terbaik di lain kesempatan.

2. Berikan Anak Kesempatan Melawan Ketakutannya

Naluri orang tua pasti akan memberikan perlindungan pada anaknya saat Ia merasa ketakutan. Namun, hal seperti itu sebenarnya kurang bagus karena sang anak malah akan merasa ketergantungan dan kurang percaya diri. Apalagi jika anak sedang berada jauh dari pengawasan Anda.

Sebaliknya, Anda sebagai orang tua harus dapat membimbing anak untuk mengatasi rasa takutnya. Hal ini dapat dilakukan pada saat anak tidak mau bertanding karena takut kalah. Di situlah Anda dapat hadir dan memberikan penjelasan kepada anak untuk tidak perlu terlalu memikirkan menang dan kalah saat bertanding. Berikanlah mindset untuk menikmati permainan dan bersenang-senang. Dengan begitu, Ia akan mulai percaya diri sedikit demi sedikit.

3. Bimbing Anak Belajar dari Kesalahan yang Dilakukan

Bagi orang tua, sangat penting untuk selalu hadir pada saat anak mengalami kekalahan atau kemenangan saat bertanding olahraga. Berikan dukungan moril agar sang anak tidak merasa rendah diri dan kecewa terlalu dalam. Pada saat seperti itu, Anda juga dapat mengajarkan cara kepada anak untuk belajar dari kesalahan-kesalahan yang diperbuat.

Anda dapat berikan pengertian bahwa kekalahan merupakan konsekuensi yang harus diterima pada saat seseorang melakukan kesalahan. Untuk itu, daripada membiarkan anak sedih dan kehilangan kepercayaan dirinya, lebih baik Anda membimbingnya untuk menjadikan kekalahan sebagai sarana pembelajaran untuk menjadi lebih baik dan sukses di masa yang akan datang.

Banyak sekali cara menumbuhkan rasa percaya diri pada anak Anda. Beberapa cara yang dapat Anda lakukan adalah seperti yang dijelaskan di atas. Selain itu, berikan juga dukungan berupa suplai nutrisi yang baik dan juga tambahan energi lewat segelas Milo setiap hari.

Written by